Kunjungan Study Banding Kabupaten Kutai Kartanegara

Diposting oleh Puskesmas Benteng Sukabumi Kamis, 25 Februari 2010

Hari ini salah satu sekolah binaan Puskesmas Benteng yaitu SMPN 10 Sukabumi mendapat kunjungan dari rombongan study banding Kabupaten Kutai Kartanegara.
Rombongan yang berjumlah kurang lebih 40 orang tersebut terdiri dari Staf Dinkes dan Para kepala puskesmas dari Kabupaten Kutai Kartanegara. Pada mulanya mereka diterima oleh Sekda Kota Sukabumi di ruang Op Room Pemda, turut hadir pada acara penerimaan Kadinkes Kota Sukabumi beserta Sekretaris Dinkes dan para kabid, Para Kapusk, serta camat dan pihak sekolah yang akan dikunjungi.

Ketua rombongan dr Bambang mengutarakan tujuan study banding mereka adalah untuk pembelajaran program UKS dan Jamkesda di Kota Sukabumi. Seperti diketahui Kota Sukabumi sudah banyak sekali mendapatkan prestasi dibidang UKS, termasuk SMPN 10 Dan SDN CBM Pakujajar yang akan dikunjungi rombongan study banding. Tahun 2004 SDN CBM Pakujajar menjadi juara 1 Lomba Sekolah Sehat (LSS) nasional, sedangkan SMPN 10 menjadi juara 5 LSS nasional pada tahun 2009.

Sesudah acara penerimaan rombongan langsung berkunjung ke 2 sekolah tujuan, SMPN 10 menjadi tujuan yang terakhir.
Selama kurang lebih 1 jam mereka berkeliling di sekolah tersebut sambil melihat-lihat, mengambil foto dan bertanya kepada KKR (kader Kesehatan Remaja), guru, maupun kepada petugas puskesmas Benteng yang mendampingi tentang kegiatan-kegiatan UKS maupun PKHS (Pendidikan Keterampilan Hidup Sehat)yang menjadi salah satu unggulan di SMPN 10.
Salah satu hal yang menarik perhatian rombongan adalah kegiatan PKHS di SMPN 10 dilaksanakan melalui kegiatan outbond, di mana siswa mendapatkan pembelajaran tentang PKHS langsung dengan kegiatan praktis sehingga mereka lebih memahami dan dapat mengimplementasikan 10 kompetensi dalam PKHS.

Tepat jam 2 siang rombongan dilepas oleh Camat Warudoyong yang didampingi Kadinkes dan Kepala SMPN 10, mereka pamit untuk melanjutkan perjalanan ke Bandung.
Mudah-mudahan adanya study banding ini membawa manfaat baik bagi rombongan tamu maupun bagi pihak sekolah agar mereka selalu memelihara, mempertahankan dan meningkatkan "kondisi juara" ini terus ke masa yang akan datang....>>by irma

0 komentar:

Posting Komentar