Pakai Antibiotik, Perlukah??

Diposting oleh Puskesmas Benteng Sukabumi Selasa, 23 Februari 2010

Antibiotik merupakan obat yang sangat dibutuhkan bila seseorang menderita suatu penyakit infeksi kuman yang tidak bisa sembuh secara alamiah. Tidak semua infeksi membutuhkannya, misalkan batuk pilek ringan, tidak memerlukan penggunaan antibiotik.
Sekitar 95% serangan batuk pilek dengan atau tanpa demam disebabkan oleh virus, dan antibiotik tidak dapat membunuh virus. Pemberian antibiotik untuk kasus tersebut justru mungkin akan menimbulkan efek samping yang berbahaya. Padahal penyakit karena virus memang bakal sembuh dalam beberapa hari dengan atau tanpa antibiotik.

Pemakaian antibiotik yang sembrono justru akan menjadi bumerang sebab akan membunuh kuman baik dalam tubuh yang berfungsi menjaga keseimbangan dan menghindarkan kuman jahat menyerang tubuh. Antibiotik yang diberikan dengan membabi buta juga mengurangi kekebalan anak sehingga daya tahannya menurun, akibatnya anak sering jatuh sakit.

Suatu antibiotik tidak dapat membunuh semua kuman, dan berbagai antibiotik mempunyai sifat membunuh hanya terhadap kuman tertentu saja. Jika pemilihannya tidak cocok maka selain tidak akan menyembuhkan penyakit juga malah akan meningkatkan kasus resistensi kuman terhadap antibiotik yang digunakan.

Karena itu antibiotik tidak boleh diberikan secara sembarang, harus tepat sesuai dengan jenis infeksi yang menyerang, dan jangan lupa diminum sampai habis, sampai penyakit benar-benar sembuh, jangan simpan antibiotik untuk digunakan pada kesempatan lain. >>by irma
(Sumber : Health Today Sept.2008)

0 komentar:

Posting Komentar